Sabtu, 13 Oktober 2012

ARTIKEL KOMPUTER MASYARAKAT

Komputer dan masyarakat (computers in civilization) merupakan salah satu mata kuliah yang diajarkan pada fakultas komputer, mengapa komputer dihubungkan dengan masyarakat? mengapa bukan teknologi informasi yang dibahas? adalah John Preston orang yang mempopulerkan tema ini dalam bukunya Computer in a Changing Society dijelaskan bahwa teknologi informasi (TI) sekarang ini identik dengan komputer, bicara TI maka pasti berhubungan dengan komputer. Namun terlepas dari itu, komputer dan masyarakat merupakan sebuah studi tentang bagaimana pemanfaatan komputer di berbagai aspek kehidupan di masyarakat (sosial komputer), bagaimana komputer memberi pengaruh, bahkan membentuk budaya atau tren baru. Pada tulisan kali ini, penulis mencoba membahas hal yang terkait dengan komputer dan masyarakat, yaitu pemanfaatan komputer pada berbagai bidang.

Berikut ini adalah beberapa contoh bagaimana komputer digunakan dalam bidang yang sering dijumpai di masyarakat :
  • BISNIS
1. Dokumen
Dalam bidang bisnis, bahkan tidak hanya bisnis, menggunakan komputer untuk membuat dokumen-dokumen seperti kontrak, brosur, surat, laporan tahunan, manual prosedur, pernyataan kebijakan, dll. Dokumen disimpan, dipanggil kembali, diedit, dan didistribusikan oleh komputer dengan menggunakan program yang secara umum disebut pengolah kata (word processing). Memo yang sebelumnya ditulis pada kertas dan didistribusikan oleh bagian surat via pos, sekarang ditulis pada komputer dan didistribusikan dengan model surat elektronik (email).

2. Keuangan
Komputer sangat cocok saat kita bekerja dengan angka-angka. Salah satu penggunaan awal komputer adalah menghitung, baik penjumlahan, pengurangan, pembagian, matriks, mengerjakan rumus, diferensiasi, dll. Komputer dapat dengan cepat dan akurat menghitung kembali ratusan rumus dalam satu waktu. Bahkan komputer mampu mengelola angka-angka menjadi grafik yang cukup memakan waktu bila dikerjakan dengan cara konvensional (tanpa komputer) program komputer yang biasa mengolah angka disebut spreadsheet.

3. Menjadwalkan Pertemuan
Aktifitas kelompok membutuhkan koordinasi yang kerap terjadi dalam pertemuan. Menemukan yang tepat untuk pertemuan dapat menjadi tugas yang sulit jika dilakukan dengan telpon. Organisasi bisnis sering menggunakan program komputer calender dimana anggota kelompok mencatat aktifitas-aktifitas mereka. Jika
seseorang ingin menyusun sebuah pertemuan, program terlebih dahulu mencari agenda dari semua peserta untuk menemukan waktu dimana semua anggota dapat hadir, kemudian ia memeriksa agenda lainnya untuk menemukan ruang yang tersedia.

4. Manajemen Proyek
Proyek-proyek yang kompleks melibatkan banyak kelompok yang berbeda-beda, yang harus dikoordinasi dan dikelola. Aktifitas-aktifitas yang dikenal sebagai tugas (task) sering saling tergantung dan penundaan atau perubahan pada suatu tugas mempengaruhi tugas lainnya. Komputer dapat digunakan untuk secara otomatis
memperbarui bagian-bagian tersebut ketika data yang diolah berubah. Intinya, pengelolaan proyek yang kompleks tersebut, disederhanakan dan disusun teratur oleh komputer. 
  • PENDIDIKAN
1. Pendidikan Jarak Jauh
Pendidikan saat ini dapat secara signifikan dipengaruhi oleh penggunaan komputer untuk melakukan kegiatan belajar jarak jauh. Jika siswa dan guru menggunakan komputer atau internet pada waktu yang sama, ini disebut pertemuan kelas sinkronus. Jika siswa dan guru mengirim pesan dan bertukar informasi pada waktu
yang berlainan, kelas ini disebut asinkronus. Istilah pendidikan jarak jauh sudah umum digunakan karena metode ini populer untuk mengajar banyak orang di area yang tersebar. Model pendidikan ini juga populer diantara siswa yang punya jadwal kerja padat dan berlokasi pada jarak yang jauh.
2. Laporan
Aktifitas akademik dapat dengan mudah diketahui oleh siswa dengan membuka komputer, lembaga pendidikan menyediakan berbagai fasilitas untuk menunjang guru menyampaikan dengan transparan hasil belajar siswa. Bila ujian dilakukan dikelas, maka bagi siswa yang berhalangan dapat mengerjakannya dirumah dengan membuka komputer
.
3. Keterlibatan Orang Tua
Banyak orang tua memiliki komputer dan akses internet. Mereka perlu menggunakannya untuk melihat apa yang terjadi di ruang kelas, dan guru-guru pun mulai berkomunikasi dengan orang tua secara online. Bahkan orang tua diberikan akses khusus untuk mengetahui kehadiran anaknya, pembayaran SPP, nilai ujian harian, dan berkonsultasi langsung dengan wali kelas. Bandingkan dengan dulu, dimana orang tua berkenan hadir ke sekolah hanya untuk mengetahui laporan akhir belajar anaknya, sehingga komputer betul-betul bisa mendukung interaksi sekolah dan orang tua.
4. Presentasi
Ketika seseorang atau suatu kelompok ingin mengkomunikasikan sebuah gagasan kepada orang lain, hal itu sering kali dapat dilakukan secara efektif dalam sebuah pertemuan dimana presenter menggunakan alat visual untuk menyampaikan pemikirannya. Dulu, orang-orang mempersiapkan transparansi yang diproyeksikan pada sebuah layar sementara presenter berbicara. Komputer biasa digunakan untuk mengatur gambar dan teks dan memproyeksikannya pada sebuah layar dalam proses yang sangat serupa. Presentasi dengan menggunakan komputer dapat disusun, diedit, disalin, dan didistribusikan dengan jauh lebih cepat ketimbang presentasi
menggunakan transparansi.
  • KEDOKTERAN
1. Mendiagnosa Pasien
Komputer dapat digunakan untuk menghasilkan foto yang lebih baik dari tubuh pasien. Sinar-X adalah teknik tradisional yang merekam bayangan dua dimensi dari tulang pada film. Computerized Axial Tomography, juga dikenal sebagai CAT scan, adalah serangkaian gambar sinar-X dua dimensi yang digabungkan dengan komputer untuk mendapatkan gambar tiga dimensi.

2. Rekam Medis
Setiap kali kita mengunjungi seorang dokter atau pergi kerumah sakit dan setiap kali kita mengisi formulir, informasi tentang kunjungan kita dan obat (resep) yang kita terima akan menjadi bagian dari satu atau lebih database tentang sejarah kesehatan pribadi kita. Dibeberapa kantor praktik dokter, diagnosis dicatat pada kertas file folder sedangkan kantor praktik lainnya mencatatnya pada komputer.
  • MILITER
1. Pelatihan
Komputer digunakan untuk mensimulasi perilaku dari pesawat, kendaraan dan system senjata untuk memberikan praktik kepada para trainee (orang yang dilatih), dan memungkinkan mereka belajar dari kesalahan fatal yang mematikan. Komputer dapat merekan kinerja trainee dan menampilkannya kembali sehingga trainee dapat mengamati perilaku mereka sendiri dan belajar dari perilaku tersebut. Banyak orang militer masuk medan perang dengan pengalaman terbatas dalam hal penggunaan amunisi, tetapi simulasi sangat realistis sehingga mereka dapat melakukan tugas mereka dengan baik.
2. Senjata Canggih
Komputer digunakan untuk mengidentifikasi target dan mengarahkan peluru mereka. Tentara, kendaraan perang, atau senjata pemandu dapat diperlengkapi dengan penerima Global Positioning System (GPS), yang mengidentifikasi lokasi eksak dari posisi teman atau lawan. Senjata yang dapat menyesuaikan secara otomatis dengan berbagai posisi dan membidik targetnya dengan persisi disebut Smart Weapon. Sebagai contoh, bom yang dapat mengarah dirinya kepada sebuah target yang ditandai dengan sinar laser Smart Bomb. Sebetulnya, masih banyak bidang yang memanfaatkan komputer sebagai alat bantu seperti pemerintahan, transportasi, gudang, pengairan, perhubungan dll. Namun, dengan uraian singkat ditas diharapkan dapat memberikan gambaran kaitan Komputer dan Masyarakat.


sumber : http://tesadesviera.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll